Senin, 29 Februari 2016

Entah Apa Ini?

Lagi itu gua masih berksar kelas 3 sd, dan itu mungkin bahasa ilmiahnya kasmaran terhadap seorang perempuan sebut saja namanya dinda, karena mawar sdah terlalu mainstream. Entah mulai berawal darimana gau bisa sama suka sama anak kecil gitu, yang jelas rumah gua dan rumah dinda hanya seperkayuh sepeda bmx anak kecil yg ukuran medium, bukan hanya itu gua juga sekelas dan seperngajian di mesjid perumahan. Dan entah kenapa gua mulai suka juga sama dia, sampai suatu saat gua berubah niat gua sebagai siswa yang untuk belajar dan membahagiakan orang tua, dan menambah untuk membahagiakn dinda juga, supaya dinda bisa nanya2 pelajaran dan bisa bangga punya temen dinda dket sama gua. Kenapa gua gk mau yang namanya pacaran? Mungkin pemikiran gua yg sudah tua pdhl umur tdk mencukupi ini beranggapan bahwa diri gua msih kecil ini msih blm cukup untuk menggaet seorang perempuan bwt ngajak malem mingguan, memberi hadiah ulang tahun yg bisa dibilang kata “wah”, dan gua menyadari bahwa dengan uang jajan yang perhari 3000 rupiah, makan telor gulung 3 buah aja udh 500 pada zaman kejayaannya. Lantas gua yang hanya anak dari hasil pembuahan orang tua ini, yg klo temen2 bilang boboho disaat botak, dan dipanggil dora ketika poni rambut menyentuh alis mata.
Gua mulai menyiasati gimana caranya agar dinda selalu main sama gua. Gua mulai mendekati dinda dengan duduk sebangku sama dia, dinda merasa biasa aja sih sama gua karena gua jga sering ngajak dinda sepedaan dirumah ketika sore karena jaman dulu anak sd macem gua ini maen harian hanya sore hari dan pagi sekolah sorenya bobo siang, karena anak kecil katanya harus bobo siang supaya malemnya belajar gk ngantukan kata ibu gua sih gtu. Ketika jam istirahat mula,i gua mulai percakapan dengan nilai ujian ipa, dan dia mengeluarkan kertas dan menunjukkannya pada gua, smbil merubah raut wajahnya yg cemberut, tapi disitulah keindahan seorang wanita katanya, dimana seorang merasa cemberut manja kepada lu, itulah ekspresi natural seorang wanita, dia bercerita padahal dia udh belajar sungguh-sngguh wktu malem itu, tpi ttep aja nilai dia dibawah 75 kurang sedikit, sedikit aja gk banyak. Trus gua membandingkan nilai dia dgn nilai gua, lgsg respon dia terhadap nilai gua kagum, krn nilai 90 merupakan rata2 orang yang belajar rajin, padahal dia tau gua sering maen sore dan maen malem, tapi malemnya setelah mengerjakan tugas, lgsg dibolehin maen sama ibu lgi dlu, pdhl mah maen keluar Cuma buat nyamperin dinda maen, karena gua tau dinda gaboleh maen malem, karena mungkin beberapa faktor, yang pertama karena dia perempua, yang kedua dia ada pr di sekolah, yg ketiga mungkin pr kumonnya krn gua tau kumon pasti ninggalin jejak tugas latian sehari-hari, habis itu gua pulang kerumah bwt belajar lagi, sering gua bohong sama ibu gua, knp balik lagi, gua jawabnya gaada temen yg disamper, padahal mah gua cma keluar bwt nyamper dinda maen aja.
Gua jga pernah kaget klo sbenernya gua jga sepersatu pengajian mesjid sama dinda, ketika gua disuruh ngaji didepan sama ibu guru, dan dia udhn ngaji di dedepan sama guru ngaji yg beda barisan. Tapi gua gasuka sama pengajian mesjid itu karena gua cma dpet ngaji bisa sebulan 2 kali, karena mungkin muridnya yang banyak, atau mungkin faktor yang lain. Tapi disaat itu gua udh bilang sama ibu gua gamau ngaji di pengajian mesjid itu lgi, karena gua disna bukan ngaji, tpi lari2 di pengajian. Tpi gua msih ada sisa satu bulan kurang karena bayar spp itu 2 bulan sekali, jdi gua msih bisa ngajak main sama dinda, dan setelah itu gua pindah pengajian anak2 yang bner ngaji, bukan ngasah biji :v .

Oiya, gua jga pengen ngasih tau kakaknya jga satu sekolah sama dinda yg otomatis sekolahan sma gua, karena dulu pernah satu mobil jemputan, tpi udh gapernah lgi skrg pas di kelas 3 ini, soalnya dia udh kelas 5 sd. Nama kakaknya sebut saja bella, kenapa namanya umum, karena gua gk ingin org2 yg ada di hidup gua gk mau keganggu sama cerita gua yang bisa saja kena bullying sma cerita gua ini. Bella pernah tau gua karena bella sering maen sama temen2nya dijalan karena jalan perumahan berbeda dgn jalan perumahan jaman gua skrg yg bnyk dilalui motor dan mobil, sehingga ketika gua samper dinda ini, pasti bella yg tau gua klo gua pasti maen sama dinda.
Saat itu ketika istirahat tiba, gua pernah gabawa bekel ataupun uang jajan, gua hanya diem aja di kelas sambil iseng2 gambar karena gua bukan tipe belajar yang rajin, karena jaman gua dulu sampai skrg gaya belajar gua sekali dijelasin lgsg nagkep istilahnya, jadi kalaupun gua belajar jga bingug yang mw belajar apaan, daripada bengong mending gua gambar2 karena jaman dulu hobi gua gambar.
Berlembar-lembar halaman belakang pun dilalap cma buat gambar doang. Trus pas lgi asik2nya gua dipanggil, lgsg dinda lempar makaroni pedes yg harga nya 500 perak yang gedenya sama kyk 2 bungkus kopi jaman sekarang. Padahal gua gak begitu suka yang namanya terlalu pedes, krn tkut bab tdk pd wktunya, hehe... tpi karena yang ngasih makaroni tsb dinda, dgn rasa yang berbeda, dan pas makanpun beda rasanya ketika pemberian dari seseorang yang kita sukai. Trus gua buka bungkus makaroni itu, sambil ngelanjutin gambar lgi, krn gua gamau ekspresi gua kliatan sama dinda. Pas ngelanjutin gambar smbil ngemil makaroni pemberian dinda, dia ngagetin gua dri belakang macem org yg ngagetin orang cegukan, padahal mah udh tau krn dri suara tepakan kaki dia yg pelan2, tpi gua pura-pura kaget aja karena menghargai dinda yg berusaha memecah suasana, karena gua kpikiran alurnya, pasti nanyain knp diem aja? Knp gk ke kantin? Tumben gk makan? Dan bener pertanyaan pertama dia adalah “menanyakan tumben gk makan, padahal badanlu kan segede gentong?”  dan sampe skrg masih inget pertanyaan itu, hehe....
Setelah gua menceritakan apa yang terjadi kpd gua knp bisa diem aja dikelas, karena gua berantem sama ibu gua karena udh mencuri uang 10.000 rupiah di atas laci kulkas, padahal sebenernya gua berantem sama ibu gua gara-gara gua suka sama seorang cewe dan gua gamau ngaku, klo membahas masalah ini ibu gua emg paling murka, permasalahannya seorang anak kecil yg msih 3 sd ini harus terlibat dalam skenario percintaan, yang harusnya main bersama anak2 lain entah maen sepedaan, maen bentengan, petak umpet, galasin (gatau tulisannya, tpi mnurut orang indonesia, apa yang dibaca itulah yang ditulis, padahal, kalian membaca tulisan gua ini gk sesuai yg kalian baca dan apapun yg ditulis :v) . setelah itu gua sama dinda asik bercanda aja smpe bel istirahat habis.
 Tapi begitulah gua sama dinda, dibilang percintaan bukan, karena gua masih yang bersifat kekanak anakan, dibilang teman tapi mesra jga bukan, karena tdk sampai melakukan flirting, frenchkiss, karena gua msih anak kecil yg menganggap/ didoktrin ortu katanya dket sama anak cewe nnti bisa hamil. Dibilang teman main mungkin lbih pas karena gua yg msih kecil dan cupu ini gk bisa apa2 kecuali mencari kebahagian, kesenangan, kenyamanan, ketenangan masing2 shg mungkin bisa dibilang lbih dari teman.
Terbiasa dengan sautan2 teman sekolah antara gua dan dinda dgn kata “cieee” entah kenapa membuat kita semakin sering main bersama, belajar bareng, ngerjain soal bareng, hapalan bareng, sampe2 ibunya dinda tau klo gua sering maen kerumahnya dinda, tpi ibunya dengan tangan terbuka kalo gua mengaku temen kelas, dan teman main, soalnya kata ibunya dinda klo dirumah jarang main, labih sering nntn tv ketimbang main sama anak2 perumahan disni, dan Cuma sama gua doang dinda baru maen keluar sepedaan, padahal ayahnya dinda beliin sepeda ke dinda supaya dinda mau maen keluar, tpi apa daya dinda lebih memilih dunia dalam rumah, ketimbang dunia anak bermain yg diluar.
Perpisahan itu dimulai ketika gua naik jenjang pendidikan yg lebih tinggi, yaitu kelas 4 sd, karena anak2 sd paling bahagia ketika bahwa dirinya bisa naik kelas. Namun sebelum kenaikan itu, lbih tepatnya class meeting yaitu hari tanggung antara libur dan hari pembagian rapot, gua pernah bercanda apa yang dia inginkan ketika dia ingin naik kelas 4. Dia pernah ngasih tau kalau kita mencari kebahagian dgn naik kelas 4, pasti kita akan merasa lebih bahagia jika kia naik kelas 5, dan bgtu pula seharusnya, jadi dia lebih memilih mensyukuri apa adanya ketimbang terlalu bersemangat/obsesi  bwt naik kelas 4. Setelah mendegar perkataan dri dinda gua tersadar lalu kepikiran, apakah kebahagian bisa hilang jika kita terlalu obsesi terhadap yang lebih dri kita rasakan? Dan apakah kebahagiaan bisa diperlambat ato dipercepat? Kebahagiaan mana yg disebut kebahagiaan yg membuat kita bahagia? Dan gua baru bisa menemukan hikmah kebahagiaan pas gua saat ini, kebahagiaan itu relatif dri diri kita masing2, apakah kita sudah bersyukur terhadap situasi dan kondisi saat ini? Dan jika sudah, itulah sebuah kebahagiaan, meskipun itu sedikit itulah yang namanya kebahagiaan. Mau nulis lagi tpi udh kepanjangan paragrafnya, jdi lbih baik kita sharing tentang kebahagiaan perspektif masing2 saja.
Pertemuan gua sudah semakin jarang ketika dikelas 4, karena gua berbeda kelas dengan kelasnya dinda, jdi klo pun bertemu gua hanya sekedar menyapa, ucapan “hai” jga sdh cukup bagiku, karena dinda sudah jadi anak yg bisa dibilang aktif sosial, easy going thd siapa saja, dan itu sudah cukup. Semakin jarang kita bertemu, smakin jarang pula kita saling menyapa. Pdhl kata sapaan hangat sudah dapat mempererat suatu hubungan, meskipun keluarga, teman, maupun teman main. Hingga tiba saatnya kenaikan kelas 5 sd, namun di waktu pulang sekolah dri class meeting, gua pernah ngabarin klo gua nnti naik kelas 5 sd udh gak di SDI lgi, gua mw pindah ke depok, lantas dia mengiyakan, antara acuh dan tak acuh, dan aku menganggap suatu respon bahwa dia hnya cukup tau. Gua pun naik kelas 5 sd, tpi gua pindah ke depok, dan smpe skrg gua gatau kabar dinda skrg, dan bagaimana kabarnya, mungkin klo dri letak rumahnya msih inget, tpi bisa saja rumah yang dia tempatin sudah bukan rumahnya lagi.
Yap, bgtulah kisah yang bisa dibilang cinta pertama(first love) tapi gua bersyukur, masa kecil gua adalah penuh dengan permainan, bukan dilibatkan maslah serius selain belajar, karena jika masa kecil kalian penuh dgn belajar, maka bisa jdi skrg anda kurang pergaulan, dan sulit untuk bergaul. Karena bermainnya masa kecil itu, mengajarkan arti perkenalan, sebuah kesatuan, sosialiasi, per eratan, dan lain2, karena gua bukan msuk kuliah di sosiologi. Sekian.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar